ada empat kategori pemakai otomatisasi
kantor, antara lain:
1. Manajer, adalah
orang yang bertanggung jawab mengelola sumber daya perusahaan terutama sumber
daya manusia.
2. Profesional,
yakni tidak mengelola orang tetapi menyumbang keahlian khususnya (mis. Pembeli,
wiraniaga, dan asisten staff khusus). Manajer dan profesional secra bersama
dikenal sebagai pekerja terdidik.
3. Sekretaris,
biasanya ditugaskan pada pekerja terdidik tertentu untuk melaksanakan berbagai
tugas menangani korespondensi, menjawab telepon, dan mengatur jadwal pertemuan.
4. Clerical Employee
(pegawai administratif) melaksanakan tugas untuk-tugas untuk
sekretaris, seperti mengoperasikan mesin fotocopy, menyusun dokumen dan
mengirimkan surat.
Beberapa konsep otomatisasi kantor, antara lain,Proses yang terjadi di perkantoran seperti halnya proses manufaktur selalu mengarah ke otomatisasi,Otomatisasi kantor berevolusi dari aplikasi-aplikasi yang terpisah dan tanpa rencana menuju aplikasi yang terencana dan terpadu (IOAS – Integrated Office Automation System) ,Otomatisasi kantor memudahkan penerimaan dan pengiriman informasi,Otomatisasi kantor sebagai pelengkap bagi metode komunikasi tradisional bukan sebagai pengganti.
manfaat Otomatisasi perkantoran merupakan kaitan berbagai
komponen dalam menangani informasi; mulai dari input hingga distribusi dengan
memanfaatkan bantuan teknologi secara optimal dan campur tangan manusia secara
minimal. Dengan demikian akan membuat informasi menjadi lebih mudah dan murah
digunakan, dipindahkan, dan dirawat. Pada akhirnya dapat meletakkan landasan
yang kuat untuk integrasi informasi sehingga perusahaan mampu berkompetisi
lebih baik
gambaran bentuk otomatisasi perkantoran
gambaran bentuk otomatisasi perkantoran
r
TELEKOMUNIKASI
Telekomunikasi adalah
teknik pengiriman atau penyampaian informasi, dari
suatu tempat ke tempat lain. Dalam kaitannya dengan telekomunikasi,
bentuk komunikasi jarak
jauh dapat dibedakan atas tiga macam:
1.
Komunikasi Satu Arah (Simplex)
pengirim dan penerima informasi tidak dapat
menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama.
Contoh : tv dan radio
2.
Komunikasi Dua Arah (Duplex)
pengirim dan penerima informasi dapat menjalin
komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh : VOIP dan telepon.
3.
Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex)
pengirim dan penerima informasi berkomunikasi secara bergantian namun tetap
berkesinambungan. Contoh : Handy Talkie,fax, dan Chat Room.
Adapun komponen-komponen untuk mendukungnya komunikasi yaitu:
1.
Informasi : merupakan data yang
dikirim/diterima seperti suara, gambar, file, tulisan.
2.
Pengirim : mengubah informasi menjadi
sinyal listrik yang siap dikirim.
3. media transmisi: alat yang
berfungsi mengirimkan dari pengirim kepada penerima.
Komputer pribadi (PC) adalah sebuah komputer yang dirancang
untuk penggunaan umum oleh satu orang. PC pertama kali dikenal sebagai
mikrokomputer karena PC adalah komputer yang lengkap tapi di bangun pada skala
yang lebih kecil. jenis jenis komputer ada dekstop,PDA,mini kompuer tablet dll
MACAM-MACAM APLIKASI OTOMATISASI PERKANTORAN
1. Word Processing
Word processing adalah penggunaan suatu peralatan elektronik yang secara
otomatis melakukan beberapa tugas yang diperlukan untuk membuat dokumen ketik
atau cetak. Word processing memberikan kontribusi terhadap pemecahan masalah dengan
memberikan kemampuan kepada manajer untuk membuat komunikasi tertulis yang
lebih efektif untuk diberikan kepada anggota lain.
2. Electronic Mail (e-mail)
/ Surat Elektronik (Surel)
Electronic mail yang dikenal dengan e-mail adalah penggunaan jaringan
komputer yang memungkinkan pemakai untuk mengirim, menyimpan dan menerima pesan
dengan menggunakan terminal komputer dan peralatan penyimpanan.
3. Voice Mail
Voice mail persis sama dengan electronic mail. Perbedaannya
bahwa hanya mengirimkan pesan dengan mengucapkan pesan tersebut melalui telepon
dan bukan mengetiknya. Dan menggunakan telepon untuk memanggil pesan yang telah
dikirimkan. Contoh softwarenya adalah Voice Connector yang
merupakan aplikasi untuk menunjang
komunikasi dalam bentuk suara dan teks dalam jaringan lokal.
4. Electronic Calendaring
Electronic calendaring adalah penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan
menjadi pengingat (alarm) acara yang telah ditetapkan oleh manajer. Electronic
calendaring bersifat khusus diantara aplikasi otomatisasi kantor, karena ia
hanya menyusun terjadinya komunikasi bukan mengkomunikasikan informasi.
5. Audio Conferencing
Audio conferencing adalah penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat
hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis untuk tujuan
melakukan konferensi. Audio conferencing adalah aplikasi otomatisasi
kantor pertama yang tidak memerlukan komputer. Ia hanya
memerlukan penggunaan fasilitas komunikasi audio dua arah. Contoh softwarenya adalah FireWire yang
merupakan merek dagang Apple.Inc.
6. Video Conferencing
Video conferencing melengkapi signal audio dan signal video. Peralatan
televisi digunakan untuk mengirim dan menerima signal audio dan video. Orang
yang berada dalam suatu lokasi dapat melihat dan mendengar suara orang yang
berada di lokasi lain selagi konferensi dilakukan. Tiga konfigurasi video
conferencing (tergantung pada peralatan yang digunakan), yaitu :
a. Video satu arah dan audio satu arah
b. Video satu arah dan audio dua arah
c. Video dan audio dua arah
.
7. Computer Conferencing
Computer conferencing adalah penggunaan jaringan komputer, sehingga memberi
kemampuan seseorang untuk melakukan pertukaran informasi selama proses
terjadinya konferensi. Aplikasi ini hampir sama dengan electronic mail,
karena kedua aplikasi ini menggunakan hardware dan software yang
sama.
8. Facsimile Transmission
Facsimile transmission yang biasanya disebut fax, adalah penggunaan
peralatan khusus yang dapat membaca tampilan dokumen pada ujung channel komunikasi
dan membuat salinan atau copy di ujung yang lain.
9. Videotext
Videotext adalah penggunaan komputer untuk tujuan memberikan
tampilan materi tekstual pada layar crt. Materi tekstual dapat berbentuk
naratif atau tabulasi, dan ia disimpan dalam penyimpanan sekunder pada
komputer.
10. Desktop Publishing
Desktop publishing atau DTP adalah pembuatan output tercetak yang
kualitasnya hampir sama dengan yang dihasilkan oleh typesetter.
Penggunaan desktop publishing sebagai alat pemecahan masalah meliputi
aplikasi administrasi dan teknis. Penampilan dokumen iklan yang profesional dan menarik akan memberikan komunikasi yang efektif
REFERENSI
Ardianysah,
Deva. 2013. Pengertian dan Fungsi Personal Computer (PC) Beserta
Perkembangannya.
(http://pakdevakeren.blogspot.in/2013/08/pengertian-dan-fungsi-personal-computer.html?m=1).
Diakses 21 Maret 2015 (21.00)
Gudangropy.
2011. Otomatisasi Perkantoran.
(http://gudangropy.blogspot.in/2011/06/otomatisasi-perkantoran.html?m=1).
Diakses 21 Maret 2015 (21.00)
Putra,
Candra Adi. 2013. WearableComputer.
Rahman,
Saiful. 2013. Otomatisasi Kantor.
.http://saifulrahman.lecture.ub.ac.id/files/2013/04/Otomatisasi-Kantor.pdf. Diakses 20
Maret 2015 (09.00)
Wikipedia
Bahasa Indonesia. 2015. Komputer jinjing. id.wikipedia.org/wiki/Komputer_jinjing.
Diakses 21 Maret (21.00)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar